Imam Ferianto Blogs

sekedar catatan kecil saja

Gambaran Lingkup Data Analytics, dicomot dari air.org

Kita sambung lagi gaes tulisan sebelumnya Part 1 Tentang Ngoding Data Analytics.

Sebenarnya apa sih data analytics? data analytics atau bahasa indonesianya “analisis data” menurut KBBI  merupakan “kegiatan Penelaahan dan penguraian data hingga menghasilkan simpulan”. Singkatnya usaha untuk mendapatkan makna dari data yang ada. Tahapannya bisa sederhana dan rumit tergantung kebutuhan dan tujuan data itu diolah. Contoh dalam dunia bisnis misalnya:

“Penjualan Kita Merugi selama 2 tahun ini, bagaimana caranya supaya kita bangkit?”

Apabila kita memiliki data penjualan dan profile pelanggan, dengan data analytics kita “mungkin” akan menemukan pola bisnis yang dapat diperbaiki untuk menjadi kunci sukses penjualan kedepannya.

Supaya lebih luas jika di iphone ada aplikasi “ISH Shell” (baca di part 1 ) di android juga ada aplikasi sejenis yang namanya “termux”

Termux di playstore

Silahkan kamu download dan install aplikasi ini di hp kamu.

Langkah selanjutnya adalah instalasi python dan R yang akan kita gunakan sebagai engine dari tools data analytics yang akan kita buat.

Pada termux android perintah console yang perlu ketik adalah:

pkg install python3

 

Jika langkah diatas tidak berhasil biasanya karena repository server nya tidak valid atau terkena blokir isp. Untuk mengatasinya kita dapat mengganti repositorynya dengan perintah:

termux-change-repo

Kemudian pilih repo game dan pilih sub repo a1albatros, alasan perlu mengganti repo ini konon katanya karena termux belum siap untuk sdk android 10.

Setelah selesai ganti repository (space bar untuk pilih dan enter untuk ok) ketik lagi petintah berikut di console termux untuk mengupdate system. (Jawab y jika ada pertanyaan)

apt update && apt upgrade

Tunggu update selesai, dan selanjutnya bisa install python dengan perintah (jawab y jika ada pertanyaan)

pkg install python3

Jika sudah selesai python3 dapat dipakai menggunakan perintah

python3

Contoh perintah di  console python3

import sys
print(sys.version)
exit()

 

Install Python di ISH Shell Iphone

Untuk instalasi python pada ish shell di phone perintahnya:

apk add python3

Selanjutnya kita akan melakukan instalasi modul python untuk analisis data seperti numpy, matplotlib, pandas, scipy, opencv, jupyterlabs, dan lainnya pada tulisan berikutnya, masih bersambung ya gaes…..