Imam Ferianto Blogs

sekedar catatan kecil saja

Project membuat Arduino RFID reader dan controller untuk gokart ini merupakan bagian dari project Membuat Gokart, yaitu bagian keyles.  Algorima dari produk ini akan membaca isi dari card RFID yang sebelumnya di write oleh Aplikasi di android, menghidupkan Saklar Relay arus dari aki dan kemudian mereset Isi Voucher menjadi zero (0).

Berarti ada 3 part yang kita bangun dalam tahapan ini yaitu:

  1. RFID Voucer Reader
  2. Relay Controller
  3. RFID Writer / reseter.

Project ini menggunakan hardware Arduino UNO clone murah dari china dengan harga dibawah 50rb. Berikut Wiring Diagram untuk koneksi arduino UNO dan RFID reader:

Gambar dari internet

 

Setelah arduino disambung menurut gambar diatas, maka tahapan selanjutnya adalah menghubungkan kabel USB ke dalam macbook. Dan membuat code dengan arduio ide (download disini).

  1. RFID Voucer Reader
    Bagian untuk voucher reader ini akan membaca nilai byte dari sector pada RFID dengan type card: Mifare Classic. Untuk codingnya diambil dari contoh yang ada github miguel dengan sedikit modifikasi tentunya.Hasil ahirnya menjadi seperti ini:

    Terbaca Nilai Voucher: 60 Menit

     

  2. Relay Controller 
    Controller relay ini sederhana sekali, hanya menentukan outputnya LOW atau HI pada pin arduio yang dipilih (yang tidak terpakai).  saya contohkan disini misalnya menggunakan PORT 5 untuk input relay.

    Controller Relay ON/OFF

     

  3. RFID Writer / reset
    Bagian ini merupakan component writer dari Arduino nya, setelah set relay dihidupkan, maka isi kartu RFID harus di set menjadi 0, Caranya dengan mengeset ulang isi dari block cardnya dengan nilai hex 0 atau empty chars. Berikut contoh potongan codingnya:

Finishing Project

Arduino sedang ditesting read RFID Card

Setelah semua dibuat kemudian komponen dirangkai dan dihubungkan dengan relay dan Aki pada kendali gokart, dipacking dan dimasukan dalam Cashing yang kuat dan tahan cuaca extrem.  Gambar dan wiring Nanti akan diupdate lagi setelah terpasang pada kendali Gokart, Menunggu perakitan Mobil Gokartnya jadi gaes.

 

 

 

 

 

 

 

Perkiraan Cost  Hardware, untuk membuat part ini (belum kabel, cashing dan batre).

  • Arduino UNO. Rp 45.000
  • Modul RFID Reader Rp 15.000
  • Relay DC 15.000
  • RFID Card 4.000
    ——————–+
  • Total Sekitar : 79.000

 

 

Referensi: