Imam Ferianto Blogs

sekedar catatan kecil saja

Dalam dunia software, ada banyak bertebaran operating system, bukan hanya os windows, linux ataupun mac os yang biasanya kita kenal. Tetapi ada banyaak sekali, mulai dari freedos, unix, minix, freebsd dan lainnya. Tetapi dapat saya resume ada 2 kategori yaitu windows dan non windows (unix), atau dari segi komersial, yang gratis dan berbayar. Beragamnya os ini menyebabkan masing-masing developer mengembangkan sofware dalam environtmentnya masing-masing. Hal ini menyebabkan jika sofware dibuat dalam environment os yang berbeda, maka tidak akan dapat dijalankan di operating system lain. Tetapi sukurlan dengan perkembangan terbaru ada mekanisme virtual yang dapat mengemulasikan os agar dapat berjalan di os lainnya, seperti vmware, virtualbox,  qemu, dan docker.

Apa itu Docker, Docker adalah platform perangkat lunak yang memungkinkan Anda membuat, menguji, dan menerapkan aplikasi dengan cepat. Docker mengemas perangkat lunak ke dalam unit standar yang disebut kontainer yang memiliki semua yang diperlukan perangkat lunak agar dapat berfungsi termasuk pustaka, alat sistem, kode, dan waktu proses. Dengan menggunakan Docker, Anda dapat dengan cepat menerapkan dan menskalakan aplikasi ke lingkungan apa pun dan yakin bahwa kode Anda akan berjalan. (menurut amazon aws)

Docker merupakan platform virtualisasi yang saya sukai, sebab tidak perlu menginstall os secara utuh tetapi partial ( hanya depencies yang dibutuhkan sofware nya saja). dan terdapat mekanisme auto download/build image sehingga lebih mudah penggunaannya.

 

Baiklah kita akan langsung memulai instalasi docker pada macos dengan langkah-langkah berikut

 

Langkah pertama : download docker-ce installer

Untuk macos tersedia paket docker installer dalam bentuk Image (DMG) yang berisi paket instalasi dan lainnya. untuk mendownload installer docker mac os dapat di peroleh di link berikut :

https://hub.docker.com/editions/community/docker-ce-desktop-mac/

Bila download telah selesasi selanjutnya buka Docker.dmg  image dan drag docker ke folder Aplikasi

Langkah Kedua: buka docker dan registrasi account docker hub

 

Langkah ketiga: testing

Testing versi docker pada console dengan perintah

docker version

untuk install tool yang membutuhkan dengan docker console ; perintahnya adalah

docker pull namapaket

Nama paket dapat dicari di docker hub.  https://hub.docker.com

Contohnya jika saya ingin melakukan instalasi microsoft sql server pada mac os dengan bantuan docker maka perintahnya adalah:

download docker image

docker pull mcr.microsoft.com/mssql/server:2017-CU8-ubuntu

Instalasi msssql-server versi linux ubuntu 2017

docker run -e 'ACCEPT_EULA=Y' -e 'SA_PASSWORD=123456789' -p 1433:1433 -d mcr.microsoft.com/mssql/server:2017-CU8-ubuntu

mengakses shell bash:

docker exec -it mcr.microsoft.com/mssql/server:2017-CU8-ubuntu /bin/bash

mengakses shell sqlcmd:

docker exec -it mcr.microsoft.com/mssql/server:2017-CU8-ubuntu /opt/mssql-tools/bin/sqlcmd -S localhost -U sa -P 123456789

 

 

Referensi:

#https://docs.docker.com/docker-for-mac/install/

#https://www.hostinger.co.id/tutorial/tutorial-docker-install-wordpress-di-docker-windows-macos-dan-linux/

#https://aws.amazon.com/id/docker/